7 Cara Menghentikan Cegukan pada Bayi

Cegukan pada bayi merupakan hal yang sering terjadi. Biasanya saat kita cegukan akan terasa sangat mengganggu dan tidak nyaman. Namun bagi bayi cegukan terlihat baik-baik saja. Bahkan bayi juga dapat tidur saat terkena cegukan. Tapi melihat bayi yang sering cegukan tentu tidak nyaman dan membuat bayi tidak mau cerita lagi. Oleh sebab itu, coba lakukan hal berikut untuk menghentikan cegukan bayi.

  1. Beri jeda saat menyusui

Cegukan biasanya disebabkan karena bayi terlalu banyak menelan udara saat sengan menyusu. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk berhenti sesaat ketika sedang menyusui. Cara ini dapat membantu membuang kelebihan udara yang masuk ke dalam perut bayi. Tetapi Anda harus berhati-hati sehingga bayi tidak menangis akibat tidak menerima ASI secara mendadak.

  1. Usap punggung bayi dengan lembut

Usap-usap punggung bayi saat ia sedang cegukan agar bayi bisa merasa lebih nyaman. Sentuhan dan sedikit tekanan pada bagian punggung dapat  membantu mengeluarkan udara yang masuk ke dalam perut bayi. Saat disentuh atau ditekan dengan halus pada bagian punggu maka bayi biasanya bersendawa, sehingga membuat cegukan cepat sembuh. Namun lakukan langkah-langkah ini dengan halus dan lembut. Jangan memukul bagian punggung bayi secara berlebihan. Anda dapat melakukan dengan menekan secara lembut sehingga bayi tidak kesakitan.

  1. Menegakkan tubuh bayi

Cara lain untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah dengan menegakkan tubuhnya. Anda dapat mencoba untuk melihat apakah bayi Anda sudah nyaman dalam posisi tersebut. Biarkan kepala bayi bersandar pada bagian bahu Anda sehingga bayi akan merasa lebih nyaman. Kondisi ini dapat membuat cegukan pada bayi berhenti sendiri.

  1. Berikan ASI atau susu formula

Salah satu penyebab bayi cegukan adalah ketika ia merasa kehausan tau bagian tenggorokannya kering. Anda dapat mencoba memberikan ASI atau juga dapat memberikan susu formula menggunakan dot. Lakukan secara hati-hati agar bayi tidak tersedak.

  1. Berikan pijatan lembut pada alis

Anda dapat mencoba menghentikan cegukan pada bayi dengan memijat lembut bagian alis bayi. Cara ini baik untuk membantu bayi bisa bernafas dengan baik. Pijatan lembut pada bagian alis dapat membuat sensasi yang menyenangkan untuk pernafasannya. Kemudian bayi akan merasa lebih tenang dan cegukan akan berhenti sendiri. Tapi hati-hati jangan terlalu keras memijat alis bayi karena syaraf yang lembut pada bayi mungkin sangat sensitif terhadap tekanan.

  1. Tunggu hingga cegukan berhenti sendiri

Beberapa bayi sering mengalami cegukan dan cegukan itu berhenti sendiri. Kondisi ini sering terjadi pada bayi yang baru lahir karena perkembangan organ tubuh bayi yang belum sempurna. untuk itu yang dapat Anda lakukan hanya buat bayi merasa tenang.

  1. Perhatikan jika bayi sering menangis

Saat bayi sering menangis maka bayi juga bisa mengalami cegukan yang leih sering. Untuk mengatasi hal ini Anda sebaiknya jangan membiarkan bayi menangis terlalu lama. Ketika bayi menangis maka ada banyak udara yang masuk dan ini dapat membuat bayi cegukan. Karena itu jika bayi sering menangis maka jaga agar bayi cepat tenang.

Itulah beberapa cara menghentikan cegukan pada bayi. Jika beberapa cara di atas telah dilakukan tapi tidak ada perubahan pada kondisi bayi, maka Anda perlu membawa bayi  Anda ke dokter spesialis anak.