8 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Banyak hal yang menyebabkan anak mengalami perut kembung. Perut kembung pada anak tidak boleh disepelekan, jika penyebab perut kembung adalah makanan coba ingat kembali apa saja yang telah ia makan. Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat akan sulit dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan. Saat makanan tersebut mencapai usus besar baru dapat dicerna, akhirnya menghasilkan gas. Hal itu yang menyebabkan perut anak kembung. Selain dari makanan, perut kembung bisa disebabkan karena terlalu banyak menelan udara, seperti penggunaan kipas angin yang terlalu dekat saat anak sedang tidur.

Cara mengetahui perut anak kembung adalah dengan cara ketuk secara perlahan pada dinding perut. Dengarkan suaranya, jika nyaring dapat dipastikan perut anak kembung. Lalu bagaiamana mengatasinya? Coba beberapa cara berikut:

  • Hindari Makanan Penghasil Gas

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu timbulnya gas di lambung. Seperti minuman bersoda, es krim, minuman dingin, kacang-kacangan (buncis, kacang polong, kacang tanah), jagung, kubis, kembang kol. Makanan berlemak dan gorengan juga dapat membuat perut anak kembung.

  • Tidak Makan Sambil Berbaring

Makan sambil berbaring membuat gas yang masuk di lambung, selama proses makan sulit keluar (dalam bentuk sendawa). Hal ini yang menyebabkan perut anak kembung.

  • Tidak Tergesa-Gesa Saat Makan dan Minum

Beri tahu anak untuk mengunyah makanan secara perlahan dan tidak terburu-buru. Tergesa-gesa saat menelan makanan akan memperbanyak jumlah gas yang tertelan, sehingga dapat memicu perut kembung. Usahakan berjalan selama 10-15 menit setelah makan.

  • Cari Posisi Nyaman

Cari posisi yang dapat memudahkan anak mengeluarkan udara dari dalam saluran cerna, baik dalam bentuk sendawa atau kentut. Anda dapat mengarahkan anak untuk duduk atau dengan telungkup.

  • Dengan Memberikan Pijatan

Pijat daerah punggung, dada, dan seputar perut, hal ini bermanfaat memancing sendawa sehingga dapat meredakan kembung pada anak.

  • Berikan Air Minum Hangat

Minuman hangat dapat membuat nyaman perut yang kembung. Usahakan minum menggunakan gelas karena udara yang ikut masuk lebih sedikit daripada minum menggunakan sedotan dan botol minum yang mulutnya kecil.

  • Air Putih

Berikan anak air putih untuk mengatasi perut kembung. Ketika jumlah cairan yang ada dalam tubuh tercukupi, maka pencernaanakan berjalan lancar. Tidak hanya gas yang mampu diatasi sembelit pun dapat dicegah. Pastikan anak minum banyak air putih untuk kebutuhan cairan tubuhnya.

  • Gunakan Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

Usapkan minyak telon atau  minyak kayu putih di daerah punggung, dada, dan perut. Lakukan pijatan dengan lembut. Minyak telon dan minyak kayu putih dapat membuka pori-pori pada kulit anak, sehingga dapat membantu mengeluarkan udara yang berlebih dari dalam perut anak.

Setelah mengetahui beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak, Anda tidak perlu panik lagi saat perut anak kembung.