Adakah Makanan Yang Tidak Mengandung Kolesterol?

Adakah Makanan Yang Tidak Mengandung Kolesterol??

Semangat Pagi, salam sehat. Pokok pembahasan kita masih sama yaitu mengenai kolesterol kita akan membahas makanan yang tidak mengandung kolesterol, karena kolesterol dianggap sebagai momok dan harus dihindari. Kolesterol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh. Tidak hanya orang tua maupun orang dewasa, bahaya kolesterol juga mengancam anak-anak dan juga remaja.

Makanan Yang Tidak Mengandung Kolesterol

Kolestrol merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh dalam hati, dan sisanya didapat dari luar tubuh seperti dalam zat makanan yang berguna bagi tubuh. Kolesterol ada 2 (dua) macam, yaitu :

  • LDL (low density lipoprotein) yang disebut sebagai kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh dan harus dihindari,
  • HDL : high density lipoprotein yang mencegah kolesterol  jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh.

Kolesterol jahat inilah yang menyebabkan terjadinya aterosklerosis yaitu pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah. Karena pengerasan pada dinding pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner akan menjadi sempit dan menghalangi aliran darah yang mengalir di dalamnya.  Sehingga akan meningkatkan risiko terkena Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Namun sebenarnya kolesterol diperlukan manusia juga untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Kolesterol juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. Karena itu kita tidak harus menjauhi kolesterol tetapi harus meningkatkan kolesterol baik (HDL) agar kolesterol jahat semakin berkurang.

Bagaimana caranya untuk meningkatkan kolesterol baik?

Pada dasarnya semua makanan itu mengandung kolesterol, entah itu kolesterol baik ataupun buruk. Kecuali buah-buahan dan sayuran segar. Tetapi yang paling penting adalah cara meningkatkan kolesterol baik, supaya kolesterol jahat berkurang sehingga tubuh terhindar dari kolesterol yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Ada beberapa cara, yaitu dengan mengkonsumsi makanan berikut:

  1. Bubur gandum/oatmeal. Gandum/Oatmeal
  2. Yoghurt
  3. Alpukat
  4. Apel
  5. Makanan yang Difortifikasi/diperkaya dengan Sterol dan Stanol
  6. Kacang kacangan
  7. Olahraga Teratur (jogging, jalan sehat, bersepeda, dan lainnya).

Sedangkan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan maupun bumbu dapur yang baik dikonsumsi adalah:

  1. Bayam
  2. Buncis
  3. Kedelai
  4. Bawang Putih
  5. Biji Bunga Matahari
  6. Jeruk Nipis
  7. Jambu Biji/jambu merah
  8. Delima
  9. Mangga
  10. Buah Blueberry
  11. Buah Anggur
  12. Buah Zaitun
  13. Jeruk Lemon
  14. Tomat
  15. Buah Strawberry
  16. Biji Ketumbar
  17. Kayu Manis
  18. Teh hitam
  19. Juice Brokoli
  20. Juice Sanapis (Sayur-nanas-Jeruk Nipis)
  21. Rimpang Jahe
  22. Minyak Zaitun/Olive Oil

Maka sudah jelas bahwa kolesterol tidak perlu kita hindari. Yang paling penting kita perlu memerangi kolesterol jahat agar tidak mengendap dalam tubuh. Cara mudah memerangi kolesterol jahat adalah dengan mengkonsumsi Ofir setiap hari. Ofir adalah serbuk minuman yang diformulasikan untuk memerangi lemak jahat dalam tubuh. Dapat mencegah gula darah naik dan mencegah kolesterol jahat.

Makanan Yang Tidak Mengandung Kolesterol

Kemampuan Ofir sebagai penurun kolesterol tentunya tidak terlepas dari adanya berbagai bahan berkhasiat di dalamnya. Madu yang terkandung didalam Ofir berperan meningkatkan metabolisme tubuh dan sebagai sumber nutrisi yang lengkap. Cuka apel dan pemanis stevia berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi gula dalam darah dan mendetoksinasi racun dalam tubuh. Lemon sebagai penurun lemak darah, melancarkan pencernaan dan sumber vitamin C. Jahe untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pengontrol gula darah yang baik melancarkan sistem peredaran darah sedangkan bawang putih lanang untuk penurun kadar kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, mengendalikan hipertensi, dan mencegah penyakit jantung.

Nah manfaatnya banyak banget kan. Minuman penurun kolesterol ini pemakaiannya sangat mudah. Bisa langsung dicampur dengan air es atau air hangat (sesuai selera, tetapi lebih segar jika dicampur dengan air es), bisa juga dicampur dengan minuman lain sebagai pengganti gula, misal teh atau susu dengan takaran 1 saset Ofir untuk dua gelas. Minuman penurun kolesterol ini dapat diminum 3 kali sehari atau diminum pada saat setelah makan makanan mengandung lemak dan gula.

Selain manfaatnya yang luar biasa sebagai penurun kolesterol dan rasanya yang segar, harga 1 box Ofir juga sangat murah lho bunda, hanya 10.000/box dengan isi 5 saset. Nah jangan ragu lagi Bunda untuk selalu sediakan Ofir minuman segar penurun kolesterol untuk keluarga Anda.

Takut gula? Takut kolesterol? Ofir-in aja!