Bahaya Kolesterol: Menyebabkan Hipertensi

makanan penderita kolesterol

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2013, lebih dari 25% penduduk Indonesia yang berusia di atas 18 tahun menderita tekanan darah tinggi maupun prehipertensi. Sebagian besar kasus tekanan darah tinggi pada remaja digolongkan sebagai hipertensi primer. Seperti orang dewasa, penyebab hipertensi primer tidak sepenuhnya dipahami. Beberapa remaja tampak mewarisi kecenderungan terkena tekanan darah tinggi dari orangtua. Topik pembahasan kita kali ini adalah gejala darah tinggi dan kolesterol.

Apa itu tekanan darah tinggi (Hipertensi)?

Tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik (tekanan maksimal karena jantung berkontraksi), ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik (tekanan terendah di antara kontraksi), ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah. Tekanan darah normal berkisar di angka 120/80 mmHG. Saat angka sistolik dan diastolik berada di kisaran ini, maka Anda dapat disebut memiliki tekanan darah normal.

gejala darah tinggi dan kolesterol

Apa saja ciri-ciri dan gejala darah tinggi dan kolesterol?

Penderita hipertensi biasanya tidak menunjukkan ciri apapun atau hanya mengalami gejala ringan. Namun, darah tinggi yang parah mungkin menyebabkan:

  • Sakit kepala parah
  • Pusing
  • Penglihatan buram
  • Mual
  • Telinga berdenging
  • Kebingungan
  • Detak jantung tak teratur
  • Kelelahan
  • Nyeri dada
  • Sulit bernapas
  • Darah dalam urin
  • Sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga

Apa Hubungan Darah Tinggi dan Kolesterol?

Kolesterol adalah salah satu senyawa lemak/lipid yang menyerupai lilin. Kolesterol ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Tubuh membutuhkan zat ini untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan.

Di Indonesia sebagian besar pengidap hipertensi disebabkan oleh keturunan dan kolesterol yang tinggi.  Jika Kolesterol pada batas normal, maka kolesterol tersebut akan menempel dan menghambat darah di pembuluh. Kolesterol akan menyebabkan diameter pembuluh darah sempit dan mengeras. Hal itu akan menghambat aliran darah yang mengalir dalam pembuluh. Sehingga secara otomatis aliran darah yang melewati bagian yang menyempit tidak lancar dan jantung harus memompa lebih keras (Tekanan darah tinggi).

Hal tersebut yang harus dipehatikan oleh masyarakat luas agar memperhatikan pola hidup. Kolesterol sebenarnya bisa dijaga karena kolesterol berasal dari apa yang kita makan. Kedua penyakit kolesterol tinggi dan hipertensi masih memiliki cara agar penderita terhindar dari kumat akan penyakit yang dialaminya.

Hal yang dapat dilakukan agar kolesterol maupun hipertensi dapat dihindari seperti:

  1. Menghindari makanan yang siap saji dan memiliki kandungan lemak yang tinggi
  2. Pola makan dan tidur yang baik
  3. Melakukan olahraga rutin
  4. Konsumsi air putih yang cukup
  5. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran hijau
  6. Jangan sampai mengalami stress yang berkepanjangan
  7. Cek secara rutin baik kadar kolesterol maupun gula darah anda

Apa itu Ofir? Apa manfaat Ofir?

Sekarang tidak perlu repot lagi memerangi kolesterol dan gula darah. Jika Bunda sudah merasakan gejala darah tinggi dan kolesterol yang disebutkan diatas, mulai minumlah Ofir. Ofir adalah serbuk minuman yang berkasiat memerangi lemak dan dapat menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Cukup konsumsi serbuk Ofir setiap hari agar kadar kolesterol dan gula dalam darah terjaga.

gejala darah tinggi dan kolesterol

Kemampuan Ofir sebagai penurun kolesterol tentunya tidak terlepas dari adanya berbagai bahan berkhasiat di dalamnya. Madu yang terkandung didalam Ofir berperan meningkatkan metabolisme tubuh dan sebagai sumber nutrisi yang lengkap. Cuka apel dan pemanis stevia berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi gula dalam darah dan mendetoksinasi racun dalam tubuh. Lemon sebagai penurun lemak darah, melancarkan pencernaan dan sumber vitamin C. Jahe untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pengontrol gula darah yang baik melancarkan sistem peredaran darah sedangkan bawang putih lanang untuk penurun kadar kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, mengendalikan hipertensi, dan mencegah penyakit jantung.

Selain manfaatnya yang luar biasa sebagai penurun kolesterol dan rasanya yang segar, harga 1 box Ofir juga sangat murah lho, hanya 10.000/box dengan isi 5 saset. Nah jangan ragu lagi Bunda untuk selalu sediakan Ofir minuman segar penurun kolesterol untuk keluarga Anda.

Takut gula? Takut kolesterol? Ofir-in aja!