Buncis Turunkan Kolesterol

By | September 20, 2018

Buncis

Buncis (Phaseolus Vulgaris L.) merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan yang dipercaya berasal dari Peru.  Penaman buncis ini berasal dari bahasa Belanda yaitu boontjes. Tanaman buncis memliki ciri-ciri dengan warna nya yang hijau agak muda dan suram, permukaan kulitnya agak kasr, biji yang terdapat didalamnya belum menonjol serta apabila dipatahkan buncis akan menimbulkan bunyi maupun suara letup.

Tanaman buncis cocok dibudidayakan pada dataran tinggi maupun medium. Terdapat dua jenis tanaman buncis, yaitu tanaman buncis jenis merambat dan tanaman buncis jenis tegak. Bagi masyarakat Indonesia, buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang sering ditambahkan ke dalam berbagai jenis masakan Indonesia.

Kandungan Gizi Buncis

Buncis memiliki kandungan gizi beragam yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut merupakan informasi kandungan gizi buncis yang akan dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kandungan Gizi Buncis per 100 gram

Kandungan Gizi Jumlah
Kalori 30 kcal
Jumlah Lemak

  • Lemak jenuh
  • Lemak tak jenuh ganda
  • Lemak tak jenuh tunggal
0,1 gr0 gr

0,1 gr

0 gr

Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 209 mg
Jumlah karbohidrat 7 gr
Serat pangan 3,4 gr
Protein 1,8 gr
Vitamin A 108 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 mikro gr
Vitamin C 16,3 mg
Vitamin D 0 IU
Kalsium 37 mg
Zat besi 1 mg
Magnesium 25 mg

Manfaat Buncis untuk Kolesterol

Apabila Anda memiliki masalah dengan kolesterol, ada baiknya bagi Anda untuk mengkonsumsi buncis secara rutin guna membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Hal ini dikarenakan beberapa alasan berikut:

  • Buncis memiliki kandungan serat pangan yang cukup tinggi yang mudah larut dalam tubuh. Serat pangan pada buncis dapat berfungsi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah agar tetap seimbang.
  • Selain itu, buncis merupakan sayuran rendah lemak yang dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Buncis juga memiliki kandungan betakoagulan yang dapat membantu tubuh untuk mengontrol adanya penyerapan produksi kolesterol.

Cara pemanfaatan buncis untuk membantu menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan cara menyiapkan 30 gram buncis segar dan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Cuci bersih buncis
  • Rebus buncis dalam air hingga agak layu dan angkat
  • Makan rebusan buncis bersama dengan nasi konsumsilah secara rutin

Namun apabila Anda merasa bosan dengan cara tersebut, Anda dapat melakukan variasi dalam memasak buncis seperti dengan cara menumis. Akan tetapi hal yang perlu diingat adalah gunakan minyak zaitun ketika Anda menumis buncis untuk membantu menurunkan kolesterol.

Masalah kolesterol mungkin merupakan masalah tersembunyi. Biasanya terkadang menyerang tanpa tanda-tanda dan gejala yang jelas. Meskipun mungkin Anda tidak dapat mengetahui kadar kolesterol dengan sendirinya, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap berada dalam ambang batas normal. Salah satunya adalah dengan menjaga gaya hidup, pola makan, dibarengi dengan olahraga teratur.

Selain menu sehat di atas yang anda bisa coba di rumah, salah satu rekomendasi yang bisa Anda dapatkan sebagai penurun kolesterol adalah dengan mengkonsumsi Ofir. Jenis suplemen yang dibuat dari bahan alami ini akan membantu Anda dalam meredakan permasalahan kolesterol yang sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, dengan Ofir, Andapun akan bebas mengkonsumsi makanan berlemak seperti halnya gule, soto, rawon dan berbagai jenis makanan yang bersantan kental. Untuk itu, selalu sediakan penurun kadar kolesterol Ofir sebagai teman makan Anda di manapun Anda menyantap makanan kesukaan Anda.

Banyak orang yang meragukan keamanan dari produk Ofir sebagai suplemen penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Perlu diketahui produk ini 100% aman dan tidak menyebabkan permasalahan kesehatan lainnya dalam jangka panjang asalkan dikonsumsi sesuai dengan aturan yang berlaku. Dilain sisi, produk penurun kolesterol ini juga dibuat dari bahan herbal, sehingga Andapun tidak perlu meragukan kualitas dari bahan tersebut yang sering kali diklaim memiliki bahan kimia di dalamnya.

Untuk itu, bagi Anda yang saat ini mengeluhkan permasalahan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, akan lebih baik jika kini Anda mulai mengkonsumsi penurun kolesterol. Dengan membawanya kemanapun Anda pergi, tentunya Anda akan bisa mengkonsumsinya setelah makan makanan yang mengandung bahan lemak seperti halnya soto, gulai dan makanan bersantan lainnya. Jadi, masihkah Anda takut mengkonsumsi makanan berlemak? Jangan takut lagi, kan sekarang ada Ofir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *