Faktor Penyebab Si Kecil Susah Makan

Sering merasa sedih saat melihat Si Kecil mulai susah makan? Ada beberapa penyebab anak susah makan. Sama seperti orang dewasa, terkadang anak merasa tidak selera makan. Jika hal ini terjadi biasanya anak sedang tidak enak badan. Tapi sebenarnya ada penyebab lain anak susah makan, berikut ulasan penyebab anak susah makan.

Orang tua pasti akan sangat khawatir jika Si Kecil mulai susah makan, karena jika Si Kecil mulai susah makan dan pilih-pilih makanan pasti asupan nutrisi yang masuk akan berkurang. Tidak terkecukupinya nutrisi dan gizi dalam tubuh akan menyebabkan anak mudah merasa lelah, lemas, daya tahan tubuh berkurang, dan juga pasti akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Jika sudah terjadi hal tersebut cari tahu apa faktor yang menyebabkan Si Kecil susah makan.

Sebenarnya memang ada saat-saat tertentu di mana Si Kecil susah makan. Biasanya terjadi saat anak mulai biasa makan sendiri. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan:

  • Banyak mengkonsumsi cemilan

Cemilan bagi anak juga perlu, tapi hati-hati memilih cemilan untuk anak karena dapat memengaruhi nafsu makannya. Selain itu banyak mengonsumsi cemilan yang manis, seperti coklat, biskuit, dan makanan lembut lainnya, membuat anak tidak benar-benar merasa lapar. Sehingga saat diberikan makanan utama mereka akan menolak.

  • Mulai dapat membedakan rasa makanan

Saat anak sudah dapat membedakan rasa makanan, ia akan mulai pilih-pilih makanan sesuai dengan rasa yang dia sukai. Hal ini menyebabkan orang tua dituntut untuk lebih kreatif membuat menu makanan bagi anak, agar semua asupan yang dibutuhkan anak dapat terpenuhi.

  • Sedang tumbuh gigi

Penyebab anak susah makan dapat dikarenakan gangguan pada fisiknya, seperti saat anak tumbuh gigi. Saat tumbuh gigi anak akan kehilangan selara makan karena rasa yang tidak nyaman di dalam mulutnya. Yang harus dilakukan orang tua cukup dengan berikan makanan yang dinginan Si Kecil, tapi tetap perhatikan asupan nutrisinya.

  • Sedang sakit

Penyebab lain anak susah makan dikarenakan kondisi tubuh anak yang tidak stabil. Biasanya saat anak terkena batuk dan pilek, mereka akan susah makan cukup lama. Hal ini akan mengakibatkan terhambatnya tumbuh kembang anak, kurang gizi, kekurangan vitamin A, yodium, dan mineral. Oleh sebab itu, segera bawa anak ke dokter saat mereka mulai menunjukan tanda-tanda sakit.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab anak susah makan, berikut tips untuk mengatasi anak yang susah makan.

  1. Berikan makanan yang bervariasi

Selain dariĀ  rasa anak juga tertarik dengan tampilan makanan. Dari bentuknya, warnanya, dan cara menghidangkannya. Usahakan beri menu makanan yang berbeda-beda setiap harinya. Dapat juga dengan menggunakan alat makan yang unik dan menarik, agar anak tidak mudah merasa bosan saat makan.

  1. Suasana makan yang menarik

Pada umumnya anak tidak bisa duduk diam ketika sedang makan. Oleh sebab itu, buatlah suasana yang seru dan menarik, misalnya seperti menyuapi anak sambil dia bermain. Suasana yang menyenangkan akan membuat anak tidak bosan saat memasuki waktu makan.

  1. Memberikan vitamin

Jika berbagai cara telah diupayakan untuk menambah nafsu makan anak, tapi Si Kecil masih susah makan coba berikan vitamin. Vitamin bagi anak berfungsi untuk mengembalikan nafsu makan anak yang hilang. Hal ini dikarenakan dalam vitamin terdapat bahan-bahan untuk menambah nafsu makan anak, seperti temulawak.