Menu Diet Kolesterol Paling Ampuh

menu diet kolesterol

Di dalam darah kita terdapat dua macam kolesterol, yaitu kolesterol baik dan jahat, jika kadarnya seimbang maka tubuh tetap sehat, namun apabila kolesterol jahat lebih tinggi, maka akan timbul masalah penyakit kolesterol. Oleh sebab itu menjaga keseimbangan kolesterol penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

menu diet kolesterol

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak mengkonsumsi makanan cepat saji tentu saja dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika kolesterol sudah bersarang di tubuh kita maka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, tentu saja anda harus melakukan diet kolesterol tinggi dan sudah seharusnya Anda menjaga makanan dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Berikut ini ada beberapa menu diet kolesterol tinggi yang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, antara lain yaitu :

  • Buah dan sayuran. Tidak perlu diragukan lagi, jika Anda ingin lebih sehat sebaiknya Anda mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Kenapa? Karena buah dan sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yang rendah. Jika Anda mengkonsumsinya lebih banyak maka Anda akan lebih merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh.
  • Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengkonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum.
  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang Mede, kacang Walnut, kacang Hazelnut) kaya Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung. Hati-hati jangan makan kacang-kacangan yang sudah diberi  garam dan gula. Konsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol
  • Ikan Salmon. Ikan Salmon akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, juga mengandung EPA dan DHA yang baik bagi kesehatan Jantung. Agar kolesterol tidak meningkat hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak. Ikan Salmon memiliki omega-3 untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL). Ikan Salmon bisa dikonsumsi dalam bentuk masakan sekitar 2 porsi dalam seminggu.
  • Kentang adalah salah satu makanan bebas kolesterol. Seperti roti dan kacang, meskipun kita harus berhati-hati bagaimana kentang siapkan, karena kebanyakan kentang disajikan dalam bentuk kentang goreng yang memiliki kandungan kolesterol yang rendah, tetapi tinggi lemak. Ketika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dan ingin mengonsumsi makanan ini, maka yang terbaik adalah kentang rebus dan kentang panggang.
  • Tomat. Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah dengan mengkonsumsi buah tomat. Tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Uraian diatas adalah menu diet kolesterol yang wajib anda coba. Selain menu diet kolesterol diatas, konsumsi Ofir setiap habis makan merupakan cara ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol.

menu diet kolesterol

Ofir sebagai penurun kolesterol tentunya tidak terlepas dari adanya berbagai bahan berkhasiat di dalamnya. Madu yang terkandung didalam Ofir berperan meningkatkan metabolisme tubuh dan sebagai sumber nutrisi yang lengkap. Cuka apel dan pemanis stevia berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, mengatasi gula dalam darah dan mendetoksinasi racun dalam tubuh. Lemon sebagai penurun lemak darah, melancarkan pencernaan dan sumber vitamin C. Jahe untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pengontrol gula darah yang baik melancarkan sistem peredaran darah sedangkan bawang putih lanang untuk penurun kadar kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, mengendalikan hipertensi, dan mencegah penyakit jantung.