Penurun Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka bisa mengakibatkan penyakit, termasuk penyakitjantung koroner dan stroke. Kolesterol yang normal harus dibawah 200ml/dl. Apabila diatas 240mg/dl, maka akan sangat beresiko tinggi terkena penyakit serangan jantung dan stroke.

Kolesterol yang alami sebenarnya bisa dibentuk oleh tubuh kita sendiri, selebihnya dapat dari makanan hewani seperti daging sapi, ayam,ikan, margarin,keju, susu dan daging merah lainnya, adapun makanan yang berasal dari nabati atau tumbuhan seperti sayur-sayuran, biji-bijian, tidak mengandung kolesterol.
Kolesterol tidak larut dalam darah sehingga perlu berikatan dengan pengangkutnya,yaitu lipoprotein. Oleh karena itu pula kolesterol dibedakan menjadi Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL).

Tema yang akan kita ulas adalah mengatur pola makan untuk mengatasi kolesterol tinggi. Apa itu kolesterol? Mari kita ulas sedikit mengenai pengertian, penyebab dan bahaya yang disebabkan oleh kolesterol.

Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak/lipid yang menyerupai lilin. Kolesterol ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Tubuh membutuhkan zat ini untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Hati akan memproduksi lebih banyak zat ini jika Bunda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kolesterol dalam darah menjadi tinggi. Kolesterol dalam tubuh ada 2 macam, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Low-Density Lipoprotein (LDL)

Bisa disebut juga lemak jahat atau kolesterol jahat karena bisa menimbun pada dinding dalam dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak. Timbunan lemak itu semakin lama semakin tebal dan keras, yang akhirnya menyumbat aliran darah. Kandungan ldl yang tepat dalam tubuh sekitar 60% sampai 70%. LDL akan membawa kolesterol ke seluruh tubuh yang membutuhkan melalui jaringan arteri. Dia akan mengirimkan kapan saja ketika sel tersebut membutuhkan. Tetapi ketika ldl terlalu banyak, akan menimbun kolesterol pada arteri sehingga menyebabkan plak-plak.

Timbunan kolesterol tersebut akan menyumbat saluran pembuluh arteri. Ldl berpengaruh dengan kadar lemak jenuh dalam tubuh dan kandungan kolesterol yang kita makan. Sehingga ketika kadar kolesterol tinggi, anda harus melakukan diet rendah lemak. Kolesterol LDL yang optimal adalah bila kadarnya dalam darah di bawah 100 mg/dl.

Kolesterol LDL 100-129 mg/dl dimasukkan kategori perbatasan (borderline). Jika di atas 130 dan disertai afktor risiko lain seperti merokok, gemuk, diabetes, tidak berolah raga, apalagi jika sudah mencapai 160mg/dl atau lebih, maka segera pergi ke dokter dan perlu penanganan khusus.

Bahaya dan Ciri-Ciri yang ditimbulkan oleh kolesterol jahat jika dibiarkan berlarut-larut:

1. Mudah lelah dalam melakukan aktifitas sehari hari
2. Nyeri bagian dada
3. Sulit bernafas
4. Sakit kepala
5. Sakit pada kaki dan tangan yang biasanya hingga membengkak
6. Sakit pada bagian Leher tengkuk dan pundak
7. Menyebabkan streoke dan serangan Jantung

High-Density Lipoprotein (HDL)

Kolesterol hdl merupakan kolesterol baik yang aman untuk tubuh walaupun kadarnya tinggi. HDL (High Desity Lipoprotein) tidak mengandung banyak lemak seperti ldl tetapi mengandung banyak protein. Ldl berfungsi sebagai pengantar kolesterol sedangkan hdl berfungsi sebagai pembersih dalam saluran pembuluh darah arteri. Jadi hdl akan membersihkan ldl yang terlalu tinggi dalam pembuluh darah arteri untuk kembali ke hati dan dicoba untuk didaur ulang kembali. Jika kadar hdl tinggi resiko penyakit jantung sangat kecil,penelitian telah membuktikan orang-orang dengan kadar kolesterol HDL sehat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit arteri koroner.

menu diet kolesterol

Cara Menghindari dan Mengatasi Kolesterol

Tingkat kolesterol tinggi dikenal luas memiliki hubungan erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Baik kolesterolmu normal ataupun tidak, ada baiknya kamu tahu cara menurunkan kolesterol yang sehat dan minim efek samping. Kolesterol yang melebihi batas dapat menyumbat arteri, sehingga menimbulkan berbagai penyakit mulai dari stroke hingga sakit jantung. Agar kondisi tersebut tidak terjadi, berikut ini adalah cara menurunkan kolesterol tinggi yang perlu kamu ketahui:

1. Menurunkan kolesterol dengan pola hidup sehat

2. Hindari lemak Trans
Lemak jenis ini biasa ditemukan dalam berbagai makanan. Contohnya, makanan yang digoreng, kue kering, dan biskuit.

3. Hindari lemak jenuh
Lemak jenuh banyak terkandung dalam daging merah, produk olahan susu, dan makanan yang digoreng dengan minyak kelapa sawit. Sama seperti lemak trans, lemak ini juga dapat menaikkan total kolesterol dan HDL.

4. Terapkan Gaya Hidup Aktif
aktifitas ini sangatlah yangpaling direkomendasikan karena berisi, olahraga dan perbanyak berjalan kaki

5. Stop Merokok
Merokok dapat meningkatkan LDL dan menurunkan HDL. Dengan berhenti merokok selama 20 menit saja, detak jantung dan tekanan darah dapat mengalami penurunan.

6. Jangan terlalu melakukan kegiatan yang membuat stress
Cobalah memulainya dengan berelaksasi sejenak. Contohnya, melakukan meditasi, yoga, atau berbagi cerita dengan teman.

7. Mulailah mengurangi makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan, dan perbanyak makan makanan penurun kolesterol. Makanan penderita kolesterol antara lain seperti buah dan sayur. Ya. Ada banyak buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

8. Banyak mengonsumsi Jahe

Selain itu, perbanyaklah tertawa dan manjakan dirimu dengan berlibur atau sekedar bersantai di spa. Cara ini dapat meningkatkan kadar HDL dalam tubuhmu.

9. Banyak Mengonsumsi Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol yang sangat ampuh. Brokoli juga termasuk sayur yang kaya serat yang dapat membantu mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih.

Demikian Untuk Penjelasan tentang Bahaya kolesterol, jenis kolesterol dan cara mengatasinya,

Semoga bermanfaat 🙂