Perut Kembung pada Anak

Tidak hanya orang dewasa saja kembung juga biasa dialami oleh anak-anak. Saat anak mengalami kembung, ia akan rewel dan nafsu makannya berkurang. Kembung merupakan keadaan dimana terdapat gas yang berlebihan di dalam organ cerna. Penyebab kembung pada anak dapat menjadi suatu hal yang normal dan juga abnormal.

Perut kembung pada anak biasanya disebabkan oleh:

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung gas, seperti kubis, brokoli, dan kacang-kacangan.
  • Menangis terlalu lama
  • Makan sambil berbicara
  • Penggunaan botol dot yang kurang tepat saat minum susu
  • Kondisi saluran pencernaan anak yang belum matang

Perut kembung meski terlihat ringan, sebenarnya dapat mengganggu. Perut kembung pada anak dapat membuat kehilangan selera makan, dan ketika ia makan akan muncul efek mual, serta rasa sensasi perut penuh yang menyesakan (begah). Jika sudah seperti ini jangan sepelekan perut kembung pada anak. Ada beberapa cara yang dapat Anda lalukan untuk mengatasi perut kembung.

  1. Lakukan pijatan searah jarum jam pada perut anak secara rutin (teknik pemijatan dapat dilihat di youtube).
  2. Baringkan anak secara terlentang di kasur.
  3. Masukan air panas ke dalam botol kaca dan lapisi dengan handuk. Pasangkan pada perut anak dan goyangkan memutari perut, diamkan selama 10-20 menit. Perut akan mulai terasa lega dan kadang disertai buang gas.
  4. Berikan anak secangkir air jahe hangat. Efek hangat yang muncul akan membantu perut anak terasa lega, sehingga dapat mendorong kelebihan gas keluar dari tubuh.
  5. Berikan perasan air jeruk nipis dan air hangat. Berikan gula agar rasanya tidak terlalu asam.
  6. Gunakan bawang merah untuk mengobati perut kembung. Caranya parut bawang merah secukupnya, lalu campurkan dengan minyak telon atau inyak kayu putih. Oleskan sambil pijat ramuan tersebut pada perut anak.
  7. Minum teh manis hangat juga dapat mengatasi perut kembung. Jenis teh yang sebaiknya dikonsumsi adalah teh hijau atau teh hitam. Anda dapat menambahakan perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu.
  8. Berikan labu pada anak anda. Labu sangat baik untuk kesehatan pencernaan, apalagi dalam mengatasi dan mencegah perut kembung. Karena kandungan vitamin A dan serat kaliumnya yang tinggi membuat pencernaan anak akan tertolong untuk menjadi lebih baik.

Sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan makanan berkarbohidrat pada anak. Selalu rajin menambahkan sayur dan buah dalam menu makan agar pencernaan lancar. Pencernaan yang lancar akan efektif membantu anak Anda buang gas dalam perut.

Jika terdapat keluhan yang menetap pada anak atau semakin memberat, segera periksakan anak ke dokter spesialis anak. Agar anak mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lanjutan, sehingga dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Semoga informasi di atas bermanfaat.