Vitamin yang Dibutuhkan Bayi

Nutrisi paling penting bagi bayi usia 0-12 bulan adalah ASI. Namun di tahun pertamanya, bayi akan mengalami pertumbuhan yang cepat. Di masa pertumbuhan ini bayi akan membutuhkan banyak nutrisi. Para alhi mengatakan, ASI merupakan sumber gizi terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan. Setelah usia tersebut, beberapa nutrisi dan vitamin untuk bayi dapat menjadi alternatif pemenuhan gizi. Bagi bayi yang kekurangan asupan ASI, nutrisi dan vitamin dari asupan makanan lain sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhannya.

Untuk membantu masa pertumbuhannya, bayi perlu beragam nutrisi seperti kalsium dan lemak. Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat. Lemak berfungsi untuk membantu perkembangan otak, menjaga kulit, kesehatan rambut, serta sebagai perlindungan terhadap infeksi. Selain kalsium dan lemak bayi juga membutuhkan asam folat, zat besi, protein, karbohidrat, seng, dan asam omega-3. Selain itu bayi juga membutuhkan beberapa vitamin, di antaranya:

  • Vitamin A

Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh. Untuk mencukupi asupan vitamin A bayi, coba berikan wortel, ubi manis, manga, dan sayuran yang berdaun hijau.

  • Vitamin C

Vitamin C berguna untuk melindungi tubuh bayi terhadap infeksi, membantu pertumbuhan serta penguatan tulang, membantu menyembuhkan luka. Berikan bayi Anda buah jeruk, kiwi, tomat, brokoli untuk memenuhi asupan vitamin C.

  • Vitamin D

Vitamin D berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan, serta membuat tulang dan gigi bayi sehat. Bagi bayi yang hanya diberi asupan ASI, disarankan untuk diberi asupan tambahan berupa vitamin D. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin D pada ASI sangat rendah. Sumber vitamin D, bisa Anda dapatkan pada ikan dan telur.

  • Vitamin E

Vitamin E berguna untuk melindungi sel dari kerusakan serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E bayi, berikan sereal dan gandum utuh.

  • Vitamin K

Vitamin K berguna untuk  membantu proses pembekuan darah. Vitamin K bisa didapatkan dari ASI atau suntikan vitamin K oleh dokter.

Yang perlu diingat bagi para orang tua, pemberian nutrisi dan vitamin untuk bayi harus melalui petunjuk dokter spesialis anak. Pemberian vitamin untuk anak, disarankan saat anak memasuki usia 1 tahun. Berikan Vitabumin, madu anak dengan ekstrak ikan gabus dan temulawak. Selain membuat anak semakin lahap makan, Vitabumin juga membantu anak agar tidak mudah sakit.

Vitabumin mengandung madu yang berguna untuk menaikan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batpil, dan sariawan. Temulawak yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikan berat badan, dan memperbaiki pencernaan. Ekstrak ikan gabus berguna untuk penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru-paru.